ULASAN 2 - Understanding Raid Fundamentals

Pada ulasan kedua ini , saya akan mengulas sebuah video Youtube (https://youtu.be/GsbAUj71ikw) yang berpetakan ke Week 9 . Video yang berjudulkan "RAID Fundamentals - Understanding & Working with RAID" dari ittaster selama sembilan menit empat puluh detik ini menjelaskan mengenai apa itu RAID di operasi sistem.

RAID (Redundant Array of Independent Disks) yang berguna untuk menggabungkan berbagai disks untuk membuat sebuah disk yang berukuran besar .RAID membantu dalam fault tolerance dimana RAID dalam bentuk data redundancy serta meningkatkan performa kerja komputer.Dalam RAID , tiga tipe RAID yang paling sering digunakan yaitu : RAID 0 , RAID 1 , dan RAID 5 . 

Dalam RAID 0 , terjadi data striping yaitu membaca sebuah file secara bersamaan melalui disk-disk yang dipakai . Kelemahan dari RAID 0 yaitu tidak memilliki fault tolerance . RAID 1 menggunakan konsep mirroring yang dapat menyediakan fault tolerance ( meskipun performa nya tidak sebaik RAID 0) . RAID 5 menggunakan konsep striping with parity dimana RAID 5 melakukan data striping dengan parity data (sehingga dapat menyediakan fault tolerance meskipun akan mengalami penurunan performa) 

Menurut saya , informasi yang disajikan di video telah jelas dan mudah dipahami. Mudah dipahami karena author 'ittaster' menjelaskan secara bertahap dan dilengkapi dengan gambar (sehingga mudah membayangkan konsep RAID yang dijelaskan) . Author dapat menjelaskan dengan baik ciri khas dari RAID 0 , RAID 1 , dan RAID 5.


GITHUB account : gilberthedison
URL Ulasan :http://osgilbert.blogspot.co.id/2017/05/ulasan-2-understanding-raid-fundamentals.html
URL Video : https://youtu.be/GsbAUj71ikw
Pemetaan : week09
Revisi pertama : 22 Mei 2017
Revisi akhir : 23 Mei 2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANKING02

RANKING06